Tips & Trik Agar Tidak Malas Mengerjakan Tugas Akhir Atau Skripsi



Skripsi Atau yang bias disebut tugas akhir untuk seorang mahasiswa/i tingkat akhir, ialah salah satu syarat wajib untuk meraih gelar sarjana. Metode pengerjaannya pun dimulai dari melakukan sebuah penelitian yang ada atau bahkan belum ada. Biasannya skripsi itu rata-rata para mahasiswa mengerjakan penelitian yang sudah ada.

Nah untuk topik utama pada post ini saya mengacu pada mengapa tugas akhir itu bila tidak niat mengerjakkannya pasti molor terus sampai berbulan-bulan karena para mahasiswa harus memiliki motivasi yang tinggi untuk pengerjaannya seperti survey lapangan, pengajuan judul ke dosen, ambil studi kasus yang ingin diambil dan lain-lain. Salah stau peyakit umum yang dialami mahasiswa tingkat akhir adalah  malas. Sikap ini perlu diperhatikan dengan seksama baik itu dari segi jasmani maupun rohani, pada dasarnnya bila kita menunda waktu utuk mengerjakan skripsi pasalnya semakin lama kita untuk meraih gelar sarjana dan juga semakin lama juga kita menunda mendapatka pekerjaan. hal yang perlu dilakukan adalah seperti ulasan dibawah ini :

A. Tentukkan topik penelitian yang mau diambil, sebelum itu pelajari dulu isi topik dan cari jurnal yang bersangkutan bila perlu cari jurnal yang internasional terrlebih dahulu.

B. Bila sesuai dengan kemampuan kita cari studi kasus yang behubungan dengan penelitian kita.

C. Bila perlu konsultasikan dulu ke dosen bidang yang mau kita ambil lalu buat proposal pengjuan judul.

D. laukukan observasi dan survey pada studi kasus yang diambil.

E. cari studi literatur pada penelitian sebelumnya 

Sumber : Berdasarkan pengalaman penulis 
Previous
Next Post »